Halaman

Selasa, 21 September 2010

Jarak Terdekat Jupiter dengan Bumi dalam 50 Tahun

(foto: blogspot)

FLORIDA - Minggu ini adalah waktu jarak terdekat Bumi dengan planet Jupiter, dengan jarak 368 juta mil.

Jarak ini adalah jarak terdekat Bumi dengan planet Jupiter dalam kurun waktu 50 tahun terakhir. Jadinya, planet Jupiter akan terlihat terang pada malam hari.Sebelumnya peristiwa ini terjadi pada tahun 1963. Setelah minggu ini, peristiwa langka ini tidak akan terulang lagi sampai tahun 2022, seperti yang dikutip dari Associated Press, Minggu (19/9/2010).

"Planet Jupiter sekarang sangat terang, jadi anda tidak perlu membutuhkan peta angkasa untuk menemukannya. Anda bisa melihatnya langsung di langit malam yang cerah," ujar Tony Phillips, astronom yang dikontrak oleh NASA.

Sebelumnya planet Jupiter dibilang sebagai objek angkasa yang terang, apabila dilihat dari Bumi, tiga kali lebih terang dari Sirius (bintang yang paling terang dilihat dari Bumi).

Secara tidak sengaja, planet Uranus juga akan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi pada minggu ini. Uranus akan terlihat dekat dengan Jupiter pada malam hari, tapi agak sulit untuk melihatnya dengan mata telanjang, harus dengan bantuan teleskop.

Jarak Jupiter dengan Bumi akan dekat setiap 12 tahun sekali. Yang membuat peristiwa ini langka adalah, planet Uranus juga mendekat dalam waktu yang bersamaan. Tony Phillips menyebut peristiwa ini sebagai momen sekali seumur hidup. Jarak Uranus dengan Bumi malam nanti (19 September) adalah berkisar 1,7 milyar mil.
(srn)[okezone.com]


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More